Sabtu, 18 Agustus 2012

Kanker Prostat

 


APAKAH KANKER PROSTAT?

  Kanker prostat adalah tumor ganas yang tumbuh pada organ prostat pria, adalah hasil dari pertumbuhan sel acinic prostat yang tidak normal dan tidak teratur.

  BERAPA TINGGI PERSENTASE TUMBUHNYA KANKER PROSTAT?

  Kanker prostat sangat jarang ditemui pada pria dibawah umur 45 tahun, tapi bersamaan dengan penambahan umur, secara diam-diam kemungkinan tumbuhnya kanker prostat meningkat, sebagian besar pasien kanker prostat berumur di atas 65 tahun. Pada dasarnya, setiap penambahan umur 10 tahun pada orang yang berusia di atas 40 tahun, kemungkinan tumbuhnya kanker prostate menjadi berlipat ganda, bahaya pria berumur 50 – 59 tahun terkena kanker prostat yaitu 10%, sedangkan pria umur 80 – 89 tahun bertambah menjadi 70%.
Kanker Prostat

  APA SAJA PENYEBAB BERBAHAYA YANG MENYEBABKAN TUMBUHNYA KANKER PROSTAT?

  Penyebab yang sangat berbahaya :
  1.Usia : usia adalah penyebab berbahaya utama kanker prostat.
  2.Genetik keluarga : ketika ada keluarga dekat pria yang terkena kanker prostat, maka kemungkinan keluarga pria yang lain terkena kanker prostatpun meningkat.
  3.Ras : kemungkinan kanker prostat pada keturunan afrika yang tinggal di Amerika (termasuk orang hitam Amerika. adalah yang paling tinggi, kemudian orang spanyol dan orang putih Amerika, sedangkan kemungkinan orang Afrika terkena kanker prostat adalah yang paling rendah di seluruh dunia.
  4.Perubahan abnormalitas patologis prostat : pria yang menderita Intraphitelial neoplasia prostat, kemungkinan terkena kanker prostatnya meningkat secara jelas.
  Penyebab yang cukup berbahaya :
  1.Pola makan : pria yang sering makan makanan tinggi lemak hewani adalah golongan pria yang gampang terkena kanker prostat.
  2.Hormon jantan : hormon jantan dalam badan dapat memperlancar tumbuhnnya kanker prostat, merupakan salah satu penyebab kanker prostat.

  APA SAJA GEJALA KANKER PROSTAT?

  1.Gejala penyumbatan : adanya kesulitan membuang air kecil, retensi urin, sakit, kencing darah atau kehilangan pengontolan urin, dll.
  2.Gejala invasive lokal : rongga antara kandung kemih dan rectum adalah bagian yang paling duluan terkena, rongga antara kandung kemih dan rectum termasuk prostat, testis, vas deferens, saluran kencing dan organ lainnya, misalnya tumor menginvasi dan menggencet vas deferens dapat memicu sakit pinggang dan sakit sebelah testis.
  3.Gejala penyebaran lainnya : kanker prostat gampang menyebar ke tulang, awalnya bisa saja tidak menunjukkan gejala, ada juga karena penyebaran tulang mengakibatkan penekanan pada saraf atau patah tulang patologis ketika periksa baru ditemukan kanker prostat.

  APA SAJA CARA DIAGNOSIS KANKER PROSTAT?

  1.Pemeriksaan rectum;
  2.Serum antigen prostat;
  3.Asam fosfatase prostat;
  4.USG;
  5.X-ray;
  6.Histopatologi;
  7.CT dan MRI.
Kanker Prostat 2

  BAGAIMANA PROSES PERLUASAN KANKER PROSTAT?

  Penyebaran melalui darah, penyebaran vena adalah jalur umum perluasan kanker prostat, paling sering menyebar ke paru-paru dan tulang kerangka, tulang panggul dan ruas tulang serta tulang rusuk, tulang paha, tulang selangka dan tulang di bagian lain juga bisa dicapai. Sedangkan bagaimana kanker prostat menyebar sampai ke lumbar tulang belakang, ada pakar yang mengira melewati vena vertebra, sedangkan bukti lain menunjukkan kanker prostat dan kanker lainnya sama saja yaitu melewati peredaran badan, maka dari itu, sebagian besar penyakit penyebaran tulang bisa saja sudah ada juga penyebaran pada paru-paru.

  DAPAT MENYEDIAKAN CARA PENGOBATAN APA SAJA?

  1.Operasi : operasi externis prostat adalah cara pengobatan yang paling sering ditemui, dengan operasi pengangkatan prostat, secara keseluruhan mengangkat bagian prostat yang terkena kanker atau keseluruhan prostat, demi menahan perluasan kanker prostat.
  2.Radioterapi : radioterapi utamanya dibagi mencari cara sebagai berikut : 1. radioterapi luar badan, 2. radioterapi dalam organ, cara ini sering dipadukan dengan mastektomi radikal prostat atau operasi pembersihan kelenjar getah bening tulang panggul; 3. radioterapi seluruh badan, pada kondisi tertentu dapat mengurangi sakit di bagian tertentu yang diakibatkan penyebaran tulang dan mengurangi perkembangan lesi.
  3.Kemoterapi : Pengobatan dengan obat kemo, adalah cara pengobatan kanker prostat seluruh badan, dapat mengontrol perluasan dan penyebaran sel kanker dengan efektif.
  4.Pengobatan tradisional China : pengobatan tradisional China untuk kanker prostat, di satu sisi bisa membunuh dan menekan sel kanker, memperbaiki kondisi penyakit, di sisi lain bisa meningkatkan kondisi badan pasien, memperkuat daya tahan tubuh, secara keseluruhan meningkatkan hasil pengobatan.
  5.Pengobatan Jie Ru : teknologi pengobatan Jie Ru sebagai teknologi baru pada pengobatan kanker, memiliki keunggulan luka kecil, tanpa rasa sakit, darah yang keluar sedikit, pemulihan cepat, dll.
  Pakar dari Guangzhou Modern Tumor Hospital menunjukkan, pengobatan kanker prostate tidak boleh difokuskan hanya pada satu bagian tertentu atau satu cara pengobatan, melainkan harus disesuaikan dengan tahap penyakit, jenis organ, jenis biologis tumor dan kondisi fisik, harus memadukan operasi, radioterapi, kemoterapi, pengobatan tradisional China, Jie Ru dan pengobatan ilmiah lainnya, dengan begitu baru bisa mencapai hasil yang terbaik.

  CARA PEMULIHAN KANKER PROSTAT TERMASUK APA SAJA?

  1.Pemulihan psikologis : membantu pasien membuang tekanan batin, mendukung pasien menjadi optimis, dan tekun menjalani pengobatan.
  2.Pemulihan pola makan dan saluran usus : untuk mengurangi sembelit setelah operasi, seharusnya mengajarkan pasien untuk banyak makan buah dan sayur tawar, gampang dicerna dan kaya akan serat, banyak minum, setiap bangun pagi buang air besar teratur, demi mempertahankan lancarnya pembuangan kotoran. Pantang makanan pedas dan makanan yang bersifat keras supaya tidak sembelit.
  3.Pemulihan kekejangan kandung kemih : ketika kandung kemih terasa kejang, tarik nafas dalam-dalam dan minta anggota keluarga untuk memijat bagian kaki dapat mengurangi rasa sakitnya. Apabila setelah operasi masih terdapat kekejangan yang berkelanjutan, harus diberikan obat analgesik supaya dapat mengurangi rasa sakit pasien.
  Selain itu, kualitas tidur yang bagus juga dapat membantu pemulihan pasien, memilih waktu yang tepat bagi pasien untuk beristirahat, memberikan pasien lingkungan tidur yang nyaman.

  DUKUNGAN APA LAGI YANG MASIH BISA DIDAPAT

  Praktek membuktikan, externis tumor, internis tumor, pengobatan Chinese, patologis, radiography, dokter ahli bius dan perawat yang professional serta departemen ilmiah lainnya yang menjadi tim pelayanan medis, dapat memberikan pasien terapi yang paling efektif, paling tepat, paling hemat, meningkatkan hasil pengobatan pada pasien kanker.
  Guangzhou Modern Tumor Hospital menyediakan layanan medis “satu pemberhentian”, memberikan diagnosa dan terapi pada pasien secara menyeluruh, dengan tanpa menambah beban pasien, pada satu pihak menyediakan pasien layanan medis yang penuh perhatian, di pihak lain lebih meningkatkan efektifitas dan kemampuan medis. Komunikasi antara dokter dan pasien yang beragam, termasuk penyediaan informasi secara online, email, telepon, dan pertemuan secara langsung, demi memberikan layanan informasi pada pasien, membantu mereka melawan kanker secara efektif. Tim kecil yang berhadapan dengan pasien yakni dokter, suster, pakar nutrisi, penerjemah, dll, memenuhi setiap kebutuhan pasien yang berasal dari setiap negara yang berbeda. Dengan lancarnya komunikasi ini pasien dapat dengan tenang bekerja sama dengan dokter menjalani pengobatan.

http://www.asiancancer.com/indonesian/cancer-topics/prostate-cancer/ :sumber
Posting Komentar